Jumat, 02 Desember 2011

Masjid Tuo Kayu Jao

Deskripsi arsitektur
Jenis arsitektur
Tahun selesai
Spesifikasi
 
 Masjid Tuo Kayu Jao adalah salah satu masjid tertua di Indonesia yang didirikan sekitar abad ke-16. Masjid berarsitektur khas Minangkabau ini terletak di Jorong Kayu Jao, nagari Batang Barus, kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Aristektur

Di samping keasliannya yang tetap terjaga, arsitektur pada masjid ini juga sangat mudah untuk dikenali. Atapnya yang terbuat dari ijuk melambangkan desain rumah adat Minangkabau yakni Rumah Gadang, selain itu juga pada bagian mihrabnya yang diberi gonjong.
Jumlah tiangnya yang sebanyak 27 buah[1] melambangkan enam suku yang masing-masing terdiri dari ampek jinih (empat unsur pemerintahan adat) sehingga jumlahnya 24 bagian, ditambah dengan tiga unsur dari agama yakni khatib, imam dan bilal, sehingga jumlahnya menjadi 27. Kuatnya syariat agama Islam di daerah tersebut juga tergambar dari jumlah jendelanya yang 13 buah, yang mengisyaratkan rukun Salat yang 13 macam.
Menurut seorang tokoh masyarakat setempat, di awal pembangunan masjid tersebut hingga beberapa tahun kemudian, pola bangunan yang tidak memakai paku masih tetap dipertahankan[2].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar