Jumat, 02 Desember 2011

Masjid Kuno Singaraja

Masjid Kuno Singaraja adalah sebuah masjid bersejarah yang berlokasi di Jalan Hasanuddin, kelurahan Kampung Kajanan, Kabupaten Buleleng, Bali, Indonesia. Menurut candrasengkala yang pernah ditemukan, masjid ini didirkan pada tahun 1654 Masehi. Masjid ini menjadi kebanggaan masyarakat Singaraja, karena nilai sejarahnya yang menjadi saksi masuknya agama Islam di pulau Bali.
Menurut Dr. Sugianto, seorang peneliti budaya Bali Utara dan juga penemu kitab suci Al-Qur'an tertua di Indonesia, menyatakan bahwa masjid tua ini mempunyai peranan yang sangat besar dalam penulisan Al-Qur'an tertua di Nusantara. Lebih lanjut ia menyatakan, besar kemungkinan sebagian isi Al-Qur'an tertua itu ditulis di masjid ini. Hal ini dapat dibuktikan dengan ditemukannya Al-Qur'an kuno beberapa puluh meter dari masjid ini.
Awalnya, masjid ini hanya berupa sekepat–tempat salat khusus bagi para saudagar yang kebetulan lewat. Kemudian, sekepat yang terletak di Muara Tukad Buleleng ini, oleh Sunan Parapen, seorang penyebar Islam yang hendak pergi ke Lombok, diperbaiki dan dibangun menjadi sebuah masjid.[1]

Spesifikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar